Cara Menyelenggarakan Zoom Cloud Meeting di Smartphone atau Desktop

 Cara Menyelenggarakan Zoom Cloud Meeting di Smartphone atau Desktop



Tim yang produktif dan sukses tahu bahwa perangkat lunak konferensi video adalah landasan kesuksesan mereka.


Alat seperti Zoom Cloud Meetings gratis memungkinkan sekelompok orang untuk bekerja sama dalam pertemuan tatap muka virtual.

Daftar isi


Zoom adalah solusi komunikasi video berbasis cloud untuk kolaborasi, obrolan langsung, konferensi audio dan video, rekaman rapat, dan webinar di semua perangkat.


Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda cara membuat dan menyelenggarakan rapat cloud Zoom di desktop atau ponsel cerdas Anda.


Memulai Zoom Cloud Meetings di Desktop Anda


Pertama, Anda perlu membuat akun dan mengunduh aplikasi jika Anda ingin mengadakan rapat Zoom,


Mendaftar untuk Akun Zoom


Mulailah dengan membuka situs web Zoom, daftar, dan buka akun. Anda dapat mengatur akun Anda dengan alamat email Anda atau masuk dengan Google atau Facebook.


Zoom akan mengirimkan email konfirmasi untuk mengaktifkan akun Anda. Setelah diaktifkan, Anda akan melihat layar Selamat Datang di mana Anda memasukkan nama Anda, pilih kata sandi, dan lanjutkan.


Sekarang klik logo Zoom di sudut kiri atas untuk kembali ke halaman tempat Anda dapat bergabung atau mengadakan rapat.


Cara Mengunduh Aplikasi Zoom


Unduh aplikasi Zoom dari situs web.


Ini akan mengunduh paket ke komputer Anda sebagai aplikasi mandiri di PC atau Mac Anda. Klik Simpan File untuk memulai pengunduhan.


Luncurkan file .exe.


Untuk kembali ke bagian Beranda, klik Beranda.


Cara Menyelenggarakan Rapat Zoom di Desktop Anda


Zoom memiliki versi gratis yang kuat dan kaya fitur untuk hingga 100 peserta. Versi berbayar memungkinkan hingga 1000 pengunjung untuk rapat apa pun.

Klik Rapat Baru dari layar beranda untuk meluncurkan Zoom di komputer Anda. Pilih Gabung dengan Audio Komputer.


Ada beberapa opsi untuk rapat Zoom seperti yang dapat Anda lihat pada tangkapan layar di bawah ini. Kami akan menjelaskan masing-masing mulai dari kiri ke kanan.


Pilihan


Tombol Bisukan berguna jika Anda menjalankan rapat dan tidak ingin peserta mendengar suara asing dari pihak Anda.


Klik panah atas di samping Bisukan untuk melihat opsi lain.


Pilih mikrofon dan speaker yang ingin Anda gunakan untuk rapat Anda dari pilihan yang tersedia.


Gunakan Video


Untuk menunjukkan diri Anda dalam rapat, klik Mulai Video. Untuk menghentikan video, klik Stop Video.


Perhatikan bahwa menghentikan video tidak mengakhiri rapat atau menghentikan audio. Ada juga panah atas di sebelah Mulai Video dan Berhenti Video di mana Anda dapat memilih kamera, latar belakang virtual, dan pengaturan video lainnya.


Cara Mengundang Peserta


Setelah menyiapkan audio dan video, Anda dapat mengundang orang untuk bergabung ke rapat. Klik Undang. Anda dapat menggunakan kontak, email, atau klik Salin Tautan untuk mendapatkan URL yang akan dikirim secara manual.


Opsi email sangat mudah.


Ini akan menampilkan cara bergabung ke rapat, termasuk URL, ID Rapat, dan Kata Sandi.


Kelola Peserta


Mampu mengelola orang dalam rapat Anda sangat berguna jika Anda memiliki banyak peserta. Anda dapat mengontrol setiap peserta secara individu atau sebagai grup.


Jika Anda sedang mempresentasikan dan tidak ingin orang lain berinteraksi, klik Bisukan Semua. Sangat membantu untuk Membungkam Peserta saat Masuk jika mereka tidak ingat untuk membisukan diri mereka sendiri.


Membagikan


Ada tiga kategori dari mana Anda dapat berbagi.


Dasar

  * Bagikan layar Anda dengan peserta rapat

  * Layar iPhone/iPad: Instal plugin yang diperlukan, sambungkan ke Wi-Fi, ketuk Screen Mirroring, dan pilih Zoom-info

  * Gambar di papan tulis untuk berbagi konsep visual dengan audiens Anda

Canggih


Bagikan sebagian layar, musik atau suara komputer saja, atau konten dari kamera kedua.


File


Bagikan file dengan peserta dari hard drive, Dropbox, Microsoft OneDrive, Google Drive, atau Box Anda.


Ada juga opsi berbagi lanjutan. Klik panah atas di samping Bagikan Layar untuk melihatnya.


Cara Mengelola Obrolan dan Merekam Rapat Anda


Fitur obrolan ada di tab Lainnya di bawah tiga titik.


Ini akan memungkinkan semua peserta untuk mengobrol dan berbagi file. Jika Anda tidak ingin semua orang dapat menggunakan fitur obrolan, klik tiga titik di sebelah File.


Pilih dari:

  * Tidak Ada

  * Hanya Tuan Rumah

  * Semua Orang Secara Publik

  * Semua Orang Secara Publik dan Pribadi


Opsi untuk merekam rapat Anda juga ada di bawah tab Lainnya. Saat Anda menghentikan perekaman dan mengakhiri rapat, itu akan diubah menjadi file MP4 di desktop Anda.


Saat rapat Anda selesai, tekan Akhiri Rapat. Anda akan mendapatkan dua opsi. Salah satunya adalah meninggalkan rapat dan membiarkan orang lain melanjutkan tanpa Anda.


Pilihan lainnya adalah mengakhiri rapat jika Anda adalah tuan rumah. Jika Anda merekam rapat, perhatikan pop-up yang menunjukkan lokasi file MP4.


Anda kemudian akan kembali ke halaman beranda tempat Anda dapat menjadwalkan rapat baru atau bergabung dengan rapat yang sudah ada.


Di mana Menemukan ID Anda untuk Zoom Meeting


Untuk menemukan ID Rapat Pribadi Anda dari aplikasi, klik Rapat dari bilah navigasi atas di layar beranda Anda.


Dimana Menemukan URL Zoom Cloud Meeting Anda


Untuk mendapatkan URL rapat, klik Rapat dari bagian beranda aplikasi. Kemudian klik Tampilkan Undangan Rapat.


Cara Membuat dan Menyelenggarakan Zoom Meeting di Smartphone Anda


Versi seluler aplikasi Zoom di Android, iPhone, dan iPad adalah versi sederhana dari platform online.


Tab utama ada di bagian bawah layar Anda. Pengaturan pada perangkat seluler berbeda dari pada desktop karena ruang terbatas.


Unduh aplikasi ke perangkat seluler Anda. Untuk artikel ini, kita akan menggunakan iPhone.


Masuk ke akun Zoom Anda atau buat akun dengan mengklik Daftar.


Anda sekarang berada di area Meet & Chat di aplikasi Zoom. Saat diluncurkan, itu terbuka di tab Beranda dan Obrolan.


Tab Rapat di bilah bawah akan menampilkan acara mendatang dan ID Rapat Pribadi Anda. Dari layar ini, Anda dapat memulai panggilan, mengirim undangan, atau mengedit acara.


Jika Anda memiliki rapat yang akan datang, ketuk untuk menambahkan peserta dan mengirim undangan ke kontak melalui pesan teks atau email.


Tab Kontak terlihat seperti versi desktop. Ini daftar favorit Anda dan orang lain dalam daftar kontak Anda.


Untuk menambahkan kontak, ketuk simbol plus di sudut kanan atas. Ini akan membuka menu pop-up bagi Anda untuk menambahkan kontak baru, bergabung dengan saluran publik, atau membuat saluran baru.


Kontak mengacu pada orang individu, sedangkan Saluran adalah grup kontak.


Gunakan tab Pengaturan untuk membuat perubahan pada akun Anda. Pengaturan zoom diatur oleh:

  * Rapat

  * Kontak

  * Mengobrol

  * Umum

  * Pintasan Siri


Ketuk nama Anda di bagian atas layar untuk mengubah gambar profil, nama tampilan, atau memperbarui kata sandi Anda.


Cara Memulai Rapat di Seluler


Untuk memulai rapat, klik Rapat Baru > Mulai Rapat.


Untuk membuka menu bilah bawah, ketuk bagian tengah layar Anda.


Untuk mengundang orang lain ke rapat Anda, klik Peserta > Undang.


Anda dapat mengirim undangan melalui email, pesan, kontak, atau dengan mengirimkan URL rapat.


Pesan Anda menyertakan tautan bagi penerima untuk mengklik dan bergabung ke rapat Anda.


Siap Menjadi Tuan Rumah Zoom Cloud Meeting?


Seperti yang Anda lihat, Zoom adalah alat pertemuan virtual yang tangguh dan gratis yang mudah digunakan dan menawarkan banyak pilihan untuk bertemu siapa saja di mana saja secara virtual.


Jumlah pengguna Zoom telah meningkat menjadi 2,22 juta sejauh ini pada tahun 2020. Sedangkan pada tahun 2019, Zoom memiliki 1,99 juta pengguna.


Sudahkah Anda mencoba menggunakan rapat cloud Zoom untuk bisnis Anda atau untuk mengunjungi keluarga dan teman secara virtual? Beri tahu kami kiat rapat Zoom terbaik Anda.

Bagikan: