Panduan Lengkap tentang Memperbaiki Masalah Layar Hitam di Fire TV Stick

Apakah Fire TV Stick Anda tiba-tiba menjadi kosong saat streaming acara TV Netflix favorit Anda? Atau tidak bisa boot melewati layar hitam? Dalam panduan ini, kami telah menyusun beberapa solusi pemecahan masalah yang akan membantu Anda memperbaiki masalah dengan Fire TV Stick Anda. Periksa mereka.


Ada beberapa alasan mengapa ini terjadi. Dalam banyak kasus, TV Anda akan menampilkan layar hitam jika tidak menerima sinyal input dari Fire TV Stick. Ini sering disebabkan oleh koneksi kabel yang salah, catu daya yang tidak mencukupi (ke Fire TV Stick), dll.

Daftar isi


Tanpa basa-basi lagi, mari kita turun ke solusi.


Catatan: Solusi dalam panduan ini juga dapat diterapkan untuk memperbaiki masalah layar hitam pada Fire TV Stick 4K dan Fire TV Stick Lite.


1. Periksa Sumber Input TV


Apakah TV Anda memiliki beberapa port HDMI? Jika ya, periksa apakah sumber input aktifnya diatur ke port HDMI yang memegang Fire TV Stick. Untuk konteksnya, jika streaming stick dicolokkan ke port HDMI kedua di TV Anda, pastikan sumber input TV adalah HDMI 2.


Mengatur TV ke sumber input yang salah (misalnya HDMI 1 atau HDMI 3) dapat menampilkan layar hitam. Dan ini dapat menyebabkan Anda berpikir bahwa Fire TV Stick tidak berfungsi.


2. Ubah Sumber Daya


Colokkan kabel USB perangkat ke adaptor pengisi daya yang berfungsi, bukan port USB TV Anda. Tongkat TV Api membutuhkan setidaknya 1 Ampere (1A) daya untuk tetap menyala dan berfungsi dengan benar. Jika dicolokkan ke port USB dengan peringkat daya yang lebih rendah, Fire TV Stick mungkin macet di layar hitam.


Jika port USB TV Anda tidak memiliki rating hingga 1A, colokkan Fire TV Stick ke adaptor pengisi daya USB, lalu ke soket listrik. Pastikan Anda menggunakan kabel USB asli dan adaptor daya dengan setidaknya peringkat daya 1A.


Selain itu, pastikan Anda mencolokkan Fire TV Stick ke stopkontak yang berfungsi.


3. Nyalakan ulang Tongkat TV Api


Memulai ulang Fire TV Stick Anda juga dapat memperbaiki masalah layar hitam. Anda dapat me-restart Fire TV Stick baik menggunakan remote atau melakukan hard-reboot. Tahan tombol Pilih dan tombol Putar/Jeda secara bersamaan setidaknya selama lima (5) detik. Melakukan itu akan mematikan Tongkat TV Api dan segera menyalakannya.


Untuk mem-boot ulang Fire TV Stick, cabut dari stopkontak, tunggu sekitar satu menit, dan colokkan kembali.


4. Biarkan Fire TV Mendingin


Terlalu panas juga menyebabkan masalah layar hitam serta masalah terkait kinerja lainnya. Jika perangkat streaming terlalu dekat dengan TV atau peralatan elektronik lainnya, perangkat mungkin terlalu panas. Menjalankan terlalu banyak aplikasi dan add-on di Fire TV Stick adalah alasan lain mengapa terlalu panas.


Jika Fire TV Stick Anda macet di layar hitam, cabut dari sumber daya USB. Biarkan hingga dingin selama sekitar 10 hingga 30 menit dan colokkan kembali ke stopkontak.

5. Periksa Koneksi Kabel Anda


Satu hal lagi yang perlu Anda periksa adalah koneksi antara TV Anda dan Fire TV Stick. Pastikan Fire TV Stick dipasang dengan benar ke port HDMI TV Anda. Jika masalah layar hitam tetap ada, coba gunakan ekstensi HDMI. Ada satu yang dikirimkan out-of-the-box dengan Fire TV Stick.


Amazon merekomendasikan untuk menghubungkan Fire TV Stick ke TV Anda dengan ekstensi HDMI. Ini membantu meningkatkan penerimaan sinyal dari jarak jauh dan mengoptimalkan koneksi Wi-Fi. Menggunakan extender juga mencegah gangguan kinerja seperti masalah layar hitam.


Anda juga dapat mencoba memasukkan Fire TV Stick ke port HDMI lain di TV Anda. Jika TV Anda memiliki satu port HDMI, colokkan perangkat lain ke port tersebut dan periksa apakah berfungsi. Jika perangkat lain juga gagal berfungsi dengan benar di port, ini berarti port HDMI TV Anda rusak. Dalam hal ini, Anda perlu memperbaiki TV Anda.


6. Periksa Koneksi Internet Anda


Tongkat TV Api terkadang menjadi kosong jika tidak dapat membuat koneksi dengan server Amazon. Ini terutama terjadi ketika Anda mengatur Fire TV Stick untuk pertama kalinya.


Untuk memperbaikinya, pastikan router Wi-Fi Anda dihidupkan dan mengirimkan data. Selain itu, periksa apakah Anda masih memiliki paket/langganan internet aktif. Kami juga merekomendasikan untuk menghidupkan ulang router Anda—terutama jika perangkat lain juga tidak dapat membuat koneksi dengan router. Terakhir, sambungkan Fire TV Stick ke jaringan lain dan lihat apakah boot melewati layar hitam.


Anda juga harus membaca panduan lengkap kami tentang memperbaiki masalah konektivitas internet di router Anda.


7. Perbaiki Gangguan Terkait Aplikasi


Apakah Fire TV Stick Anda sering macet di layar hitam saat Anda meluncurkan aplikasi tertentu? Bisa jadi karena beberapa kendala sementara dengan aplikasi; mengosongkan cache dapat mengembalikan aplikasi ke normal.


Buka Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi yang Terinstal. Pilih aplikasi yang terpengaruh dan klik Hapus cache.


Masalahnya juga bisa berasal dari bug dalam aplikasi. Untungnya, pengembang aplikasi merilis pembaruan yang menghilangkan bug ini. Perbarui aplikasi yang terpengaruh ke versi terbaru dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah layar hitam.


Navigasikan ke Pengaturan > Pemberitahuan dan klik kartu Pembaruan Aplikasi di halaman. Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin Anda perbarui dan ketuk tombol Perbarui.


Atau, Anda dapat mengaktifkan "Pembaruan Aplikasi Otomatis." Dengan begitu, Fire TV Stick akan secara otomatis menginstal pembaruan dan patch perbaikan bug. Buka Pengaturan> Aplikasi> Appstore dan aktifkan Pembaruan Otomatis.


8. Perbarui OS Api


Anda mungkin mengalami masalah layar hitam jika sistem operasi Fire TV Stick Anda juga penuh bug. Pastikan Anda menginstal Fire OS versi terbaru di perangkat. Buka Pengaturan> TV Api Saya> Tentang dan klik Periksa Pembaruan.


Jika pembaruan yang tersedia ditemukan, itu akan diunduh dan diinstal secara otomatis. Jadi pastikan koneksi internet Anda kencang dan tetap aktif.


Perbaiki Tongkat TV Api Anda


Jika tidak ada solusi di atas yang menyelesaikan masalah layar hitam, Anda harus menghubungi Dukungan Perangkat Amazon untuk mendapatkan bantuan. Masalahnya bisa jadi karena potensi kerusakan perangkat keras pada Fire TV Stick.

5. Periksa Koneksi Kabel Anda


Satu hal lagi yang perlu Anda periksa adalah koneksi antara TV Anda dan Fire TV Stick. Pastikan Fire TV Stick dipasang dengan benar ke port HDMI TV Anda. Jika masalah layar hitam tetap ada, coba gunakan ekstensi HDMI. Ada satu yang dikirim langsung dengan Fire TV Stick.


Amazon merekomendasikan untuk menghubungkan Fire TV Stick ke TV Anda dengan HDMI. Ini membantu meningkatkan sinyal penerimaan dari jarak jauh dan mengoptimalkan koneksi Wi-Fi. Menggunakan extender juga mencegah gangguan kinerja seperti masalah layar hitam.


Anda juga dapat mencoba memasukkan Fire TV Stick ke port HDMI lain di TV Anda. Jika TV Anda memiliki satu port HDMI, colokkan perangkat lain ke port tersebut dan periksa apakah bekerja. Jika perangkat lain juga gagal bekerja dengan benar di port, ini berarti port HDMI TV Anda rusak. Dalam hal ini, Anda perlu memperbaiki TV Anda.


6. Periksa Koneksi Internet Anda


Tongkat TV Api menjadi kosong jika tidak dapat membuat koneksi dengan server Amazon. Ini terutama terjadi ketika Anda mengatur Fire TV Stick untuk pertama kalinya.


Untuk memperbaikinya, pastikan router Wi-Fi Anda dihidupkan dan mengirimkan data. Selain itu, periksa apakah Anda masih memiliki paket/langganan internet aktif. Kami juga merekomendasikan untuk menghidupkan kembali router Anda—terutama jika perangkat lain juga tidak dapat membuat koneksi dengan router. Sambungkan Fire TV Stick ke jaringan lain dan lihat apakah boot terakhir melewati layar hitam.


Anda juga harus membaca panduan lengkap kami tentang memperbaiki masalah konektivitas internet di router Anda.


7. Perbaikan Gangguan Terkait Aplikasi


Apakah Fire TV Stick Anda sering macet di layar hitam saat Anda menjalankan aplikasi tertentu? Bisa jadi karena beberapa kendala sementara dengan aplikasi; mengosongkan cache dapat mengembalikan aplikasi ke normal.


Buka Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi yang Terinstal. Pilih aplikasi yang terpengaruh dan klik Hapus cache.


Masalah juga bisa berasal dari bug dalam aplikasi. tidak beruntung, pengembang aplikasi merilis yang menghilangkan bug ini. Perbarui aplikasi yang terpengaruh ke versi terbaru dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah layar hitam.


Navigasikan ke Pengaturan > Pemberitahuan dan klik kartu Pembaruan Aplikasi di halaman. Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin Anda perbarui dan ketuk tombol Perbarui.


Atau, Anda dapat mengaktifkan "Pembaruan Aplikasi Otomatis." Dengan begitu, Fire TV Stick akan otomatis menginstal pembaruan dan patch perbaikan bug. Buka Pengaturan> Aplikasi> Appstore dan aktifkan Pembaruan Otomatis.


8. Perbarui OS Api


Anda mungkin mengalami masalah layar hitam jika sistem operasi Fire TV Stick Anda juga penuh bug. Pastikan Anda menginstal Fire OS versi terbaru di perangkat. Buka Pengaturan> TV Api Saya> Tentang dan klik Periksa Pembaruan.


Jika yang tersedia tersedia, itu akan diunduh dan diinstal secara otomatis. Jadi pastikan koneksi internet Anda kencang dan tetap aktif.


Perbaiki Tongkat TV Api Anda


Jika tidak ada solusi di atas yang menyelesaikan masalah layar hitam, Anda harus menghubungi dukungan Perangkat Amazon untuk mendapatkan bantuan. masalah bisa jadi karena potensi kerusakan perangkat keras pada Fire TV Stick.

Bagikan: