Cara Memperbaiki Kesalahan "Koneksi Anda Tidak Pribadi" di Google Chrome

 Cara Memperbaiki Kesalahan "Koneksi Anda Tidak Pribadi" di Google Chrome



Google memiliki langkah-langkah keamanan untuk melindungi Anda dari situs yang mencurigakan. Dan itu muncul ke dalam tindakan setiap kali berpikir Anda akan membuat kesalahan.


Ambil pesan Koneksi Anda Bukan Pribadi. Sementara banyak yang menganggapnya sebagai kesalahan, itu sebenarnya peringatan. Saat pengguna akan masuk ke situs yang tidak aman, Google masuk dan menahan koneksi hingga Anda dapat menyelesaikan masalah.

Daftar isi


Tindakan keamanan ini bagus dalam banyak kasus. Tetapi ada beberapa contoh ketika mesin pencari memblokir sumber tepercaya. Mengapa melakukan itu? Bagaimana Anda bisa mengakhirinya?


Dalam posting ini, kami akan membahas sifat masalahnya dan memberikan langkah-langkah tentang bagaimana Anda dapat memperbaikinya.


Masalah: Koneksi Anda Tidak Pribadi


Saat pengguna mengirim permintaan untuk memuat situs, browser Anda menjalankan pemeriksaan keamanan di latar belakang. Itu terlihat pada sertifikat digital yang dipasang di server situs dan memastikan semuanya beres.


Dalam istilah awam, sertifikat digital (juga dikenal sebagai sertifikat SSL) adalah sarana untuk mengotentikasi identitas pemilik situs. Mereka juga merupakan langkah-langkah yang memastikan semua transaksi dirahasiakan.


Jika Google menemukan sertifikat yang mencurigakan, itu akan menghentikan browser memuat situs. Pada titik inilah pengguna diperlihatkan pesan yang dimaksud.


Risikonya


Google memberi Anda opsi untuk mengabaikan peringatannya dan masuk ke situs secara manual. Tapi apa yang akan terjadi jika Anda melakukannya?


Situs web dengan sertifikat yang buruk tidak dapat melindungi data Anda dari enkripsi. Ini meresahkan terutama ketika situs yang terpengaruh mengharuskan pengguna untuk memberikan informasi login. Lebih buruk lagi, itu bisa membahayakan informasi pembayaran Anda.


Data Anda dapat dicuri jika Anda melanjutkan tanpa hati-hati.


Cara Memperbaiki Masalah


Masuk ke situs yang tidak aman tidak disarankan. Tetapi bagaimana jika Anda benar-benar yakin tentang integritas situs? Nah, ada dua hal yang bisa memicu peringatan tersebut. Mungkin ada masalah dengan sertifikat situs. Atau masalahnya sebenarnya disebabkan oleh pengaturan Anda.


Mari kita jelajahi kemungkinan solusi untuk mengakhiri kesalahan yang mengganggu ini.


Segarkan halaman


Dimulai dengan solusi yang paling jelas, coba segarkan halaman web. Peringatan itu bisa saja ditampilkan secara tidak sengaja. Tekan F5 atau klik tombol Refresh di browser Anda dan lihat apakah itu memperbaiki masalah.

Periksa jam Anda


Ada kemungkinan jam komputer Anda tidak disinkronkan dengan benar. Peramban seperti Google Chrome mengandalkan jam untuk diatur dengan benar saat memverifikasi sertifikat SSL. Di sinilah koneksi Chrome Anda bukan kesalahan pribadi yang mungkin berasal.


Mengatur waktu yang tepat di komputer Anda itu mudah.


jendela


Di bilah tugas Anda, klik kanan waktu dan pilih Sesuaikan Tanggal/Waktu. Buka Tanggal & Waktu > Atur Waktu Secara Otomatis dan alihkan ke posisi Aktif. Muat ulang browser Anda dan kunjungi kembali situs tersebut. Lihat apakah koneksi bukan kesalahan pribadi masih ada.


Mac


Buka Menu Apple > Preferensi Sistem. Klik Tanggal & Waktu. Pilih untuk mengatur tanggal dan waktu secara otomatis lalu pilih zona waktu. Kunjungi kembali situs untuk melihat apakah perbaikan ini berhasil.


Bersihkan Cache Anda


Menghapus cache adalah solusi masuk untuk masalah umum terkait browser. Anda bisa berhenti mendapatkan koneksi Anda bukan pemberitahuan pribadi melalui fungsi Hapus Data Penjelajahan.


Pertama, periksa apakah kesalahan tetap ada dalam Mode Penyamaran. Bagi yang belum terbiasa, mode ini memungkinkan Anda menjelajah tanpa menyimpan informasi seperti riwayat browser dan cookie. Jika situs dapat memuat saat penyamaran, cache Anda perlu dibersihkan.


Tekan CTRL + Shift + N di Google Chrome untuk memulai sesi penyamaran.


Untuk mengosongkan cache, buka Pengaturan Chrome > Alat Lainnya > Hapus Data Penjelajahan atau tekan CTRL + Shift + Del. Pilih rentang waktu dan centang Gambar dan File Cached. Klik Hapus Data untuk melanjutkan.


Hapus status SSL


Menghapus sertifikat SSL di komputer Anda dapat membantu mengembalikan semuanya menjadi normal. Prosesnya sebanding dengan membersihkan cache browser Anda.


Untuk menghapus batu tulis SSL di Windows (dan karenanya Chrome juga), buka Opsi Internet (klik Mulai dan ketik opsi internet). Di bawah tab Konten, klik tombol Hapus Status SSL. Mulai ulang Chrome sesudahnya.


Pengguna Mac dapat mengikuti langkah-langkah dalam panduan perawatan ini.


Matikan Antivirus


Beberapa perangkat lunak antivirus dapat memengaruhi pengaturan jaringan Anda. Coba matikan sementara untuk melihat apakah itu yang menyebabkan koneksi bukan kesalahan pribadi.


Hal yang sama dapat dikatakan untuk pengguna jaringan pribadi virtual (VPN).


Perbarui DNS Anda

Jika Anda telah membuat perubahan pada DNS Anda di masa lalu, mungkin sudah saatnya untuk mendapatkan alamat secara otomatis. Beberapa pengguna DNS Publik Google mengalami masalah setelah beralih ke 8.8.8.8 atau 8.8.4.4.


Pengguna Windows dapat memperbarui DNS mereka dengan membuka Control Panel. Buka Jaringan dan Pusat Berbagi > Ubah Pengaturan Adaptor.


Klik kanan jaringan Anda dan klik Properties.


Sebuah jendela baru akan muncul. Buka tab Jaringan. Centang Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) atau Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6). Setelah selesai, klik Properties.


Jendela lain akan muncul. Di bawah tab General, centang Obtain DNS Server Address Automatically.


Kesimpulan


Solusi yang tercantum akan membantu jika masalahnya ada di pihak Anda. Namun, jika sertifikat SSL kedaluwarsa, administrator situs harus menerapkan perbaikan sendiri. Bantu mereka dengan mengirim email atau menghubungi mereka melalui media sosial.

Bagikan: