FIX: YNAB Tidak Disinkronkan dengan Bank Anda
FIX: YNAB Tidak Disinkronkan dengan Bank Anda
You Need a Budget (YNAB) adalah salah satu aplikasi pengelolaan uang paling inovatif yang tersedia. Ini menggunakan teknik penganggaran zero-sum, yang memaksa Anda untuk mengalokasikan semua dana yang masuk ke berbagai kategori atau item dalam anggaran Anda.
Saat Anda mulai menggunakan layanan YNAB, Anda harus mengatur informasi rekening bank Anda sehingga YNAB dapat menampilkan uang tunai dan dana masuk Anda saat ini yang tersedia. Sebagian besar waktu ini berfungsi dengan baik, tetapi terkadang Anda mungkin menemukan bahwa YNAB tidak lagi disinkronkan dengan rekening bank Anda.
Daftar isi
Mengapa YNAB Tidak Menyinkronkan
Mungkin ada beberapa alasan mengapa YNAB kehilangan koneksi dengan salah satu rekening bank Anda.
Anda akan tahu bahwa mungkin ada masalah saat Anda melihat ikon kunci inggris di sebelah kanan rekening bank Anda, bukan tanda centang.
Jika Anda melihat ini di sebelah salah satu akun Anda, pilih ikon untuk melihat pesan dari YNAB tentang masalah tersebut.
Pesan ini biasanya cukup umum dan tidak secara spesifik mengatakan bahwa koneksi terputus. Sebagai gantinya, itu hanya akan mengatakan bahwa YNAB menganggapnya masih terhubung ke akun Anda, tetapi upaya sinkronisasi terakhir gagal.
Sebagian besar waktu, koneksi terputus karena beberapa faktor.
* Anda baru saja mengubah kredensial login akun Anda.
* Bank Anda mengubah alamat situs webnya.
* Bank Anda mengubah keamanan loginnya.
Apa pun alasannya, Anda dapat mencoba beberapa hal di YNAB untuk mengatasi masalah ini.
Batalkan Tautan dan Tautkan Rekening Bank
Hal pertama yang harus dicoba dan perbaikan termudah adalah dengan memutuskan tautan dan kemudian menautkan kembali akun. Ini biasanya berfungsi jika kredensial Anda (ID dan kata sandi Anda) belum berubah, tetapi YNAB baru saja kehilangan koneksi dengan bank Anda karena alasan lain.
Untuk melakukan ini:
1. Pilih rekening bank dari halaman akun YNAB utama. Pastikan untuk memilih ikon edit kecil di sebelah kiri nama akun.
2. Ini akan membuka pop-up pengeditan akun. Di sini, Anda dapat mengedit nama panggilan akun, menambahkan catatan tentang akun, atau menyesuaikan saldo akun jika YNAB tidak mendapatkan angka yang akurat. Dalam hal ini, karena Anda ingin memperbaiki YNAB yang tidak sinkron dengan akun, pilih tombol Batalkan Tautan Akun.
3. Ini tidak akan menghapus akun dari YNAB atau menghapus koneksi sepenuhnya. Sebagai gantinya, itu menghapus tautan yang saat ini terkait dengan akun ini oleh YNAB. Setelah tautannya dibatalkan, Anda akan melihat bahwa ikon kunci inggris kecil tidak lagi muncul di sebelah kanan nama akun di akun YNAB Anda.
4. Sayangnya, sekarang setelah tautannya dibatalkan, saldo tidak akan lagi diperbarui dan cocok dengan akun Anda saat ini. Tautkan kembali akun dengan memilih ikon edit di sebelah kiri nama akun lagi. Kali ini, ketika jendela edit akun terbuka, Anda akan melihat bahwa sekarang ada tombol Tautkan Akun yang aktif. Pilih itu.
5. Ini akan membuka jendela Tautan Akun di mana Anda akan melihat semua rekening bank yang sebelumnya Anda siapkan ditampilkan. Pilih salah satu yang cocok dengan akun di YNAB yang baru saja Anda putuskan tautannya.
6. YNAB akan menunjukkan daftar rekening dan saldo Anda di bank tersebut. Saldo ini adalah yang terakhir disinkronkan oleh YNAB, jadi fakta bahwa saldo tersebut ditampilkan di sini tidak berarti tautan ke bank Anda berfungsi. Coba pilih akun yang cocok dengan yang ada di YNAB untuk melihat apakah YNAB dapat terhubung kembali dan memperbarui saldo terbaru di akun YNAB Anda dengan benar.
7. Pilih Berikutnya untuk menyelesaikan proses penautan. Anda akan melihat pesan yang menyatakan bahwa tautan berhasil dan menunggu 24 jam untuk sinkronisasi berikutnya dilakukan.
Pada titik ini, Anda harus menunggu 24 jam untuk melihat apakah transaksi baru dari akun Anda mulai muncul di log transaksi rekening bank di akun YNAB Anda.
Hapus dan Tambahkan Rekening Bank
Keesokan harinya, jika Anda masih melihat ikon kunci inggris di sebelah kanan rekening bank yang sama, maka penyebab masalah koneksi mungkin lebih serius.
Ini mungkin terjadi ketika kredensial akun atau situs web bank itu sendiri telah berubah secara signifikan. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus menghapus rekening bank sepenuhnya dan menambahkannya kembali ke akun YNAB Anda.
Untuk melakukan ini:
1. Pilih dropdown di sebelah kanan alamat email Anda di kiri atas jendela utama YNAB. Pilih Kelola Koneksi dari menu.
2. Ini akan membuka jendela Kelola Koneksi yang sama seperti sebelumnya. Pilih Hapus di sebelah kanan akun yang membuat Anda bermasalah.
3. Anda akan melihat notifikasi peringatan. Pilih Hapus untuk menyelesaikan proses penghapusan.
Catatan: Anda tidak perlu khawatir kehilangan transaksi yang ada dari akun ini. Semua transaksi tercatat yang ada akan tetap ada bahkan setelah Anda menghapus akun itu sendiri.
4. Kembali pada jendela Manage Connections, pilih Add New Connection.
5. Pilih Agree on the YNAB terms, lalu cari dan pilih bank yang ingin Anda sambungkan.
6. Sekarang, Anda akan melihat jendela di mana Anda dapat memasukkan kredensial login Anda. Jika Anda baru saja mengubah kredensial Anda, ini adalah kesempatan Anda untuk memperbarui YNAB dengan detail login baru tersebut.
7. Setelah Anda memasukkannya, pilih Kirim.
Setelah YNAB berhasil terhubung, Anda akan melihat pesan konfirmasi lainnya. Sekarang Anda harus memilih ikon edit di sebelah kiri akun yang Anda coba perbaiki dan lakukan proses penautan ulang yang sama di bagian di atas.
Kali ini Anda akan melihat akun baru yang baru saja Anda tambahkan muncul di daftar. Cukup pilih bank ini dan pilih rekening tertentu yang ingin Anda tautkan ke YNAB.
Proses ini akan langsung menarik transaksi apa pun yang belum diimpor YNAB karena kehilangan koneksi ke rekening bank.
Sekarang Anda dapat terus menggunakan YNAB seperti saat terhubung ke bank Anda dengan benar.
5. Ini akan membuka jendela Tautan Akun di mana Anda akan melihat semua rekening bank yang sebelumnya Anda siapkan. Pilih salah satu yang cocok dengan akun di YNAB yang baru saja Anda putuskan tautannya.
6. YNAB akan menunjukkan daftar rekening dan saldo Anda di bank tersebut. Saldo ini adalah yang disinkronkan oleh YNAB, jadi fakta bahwa saldo tersebut ditampilkan di sini tidak berarti tautan ke bank terakhir Anda bekerja. Coba pilih yang cocok dengan yang ada di YNAB untuk apakah YNAB dapat terhubung melihat dan melihat akun terbaru di akun YNAB Anda dengan benar.
7. Pilih Berikutnya untuk menyelesaikan proses penautan. Anda akan melihat pesan yang menyatakan bahwa tautan berhasil dan menunggu 24 jam untuk sinkronisasi berikutnya dilakukan.
Pada titik ini, Anda harus menunggu 24 jam untuk melihat apakah transaksi baru dari akun Anda mulai muncul di log transaksi rekening bank di akun YNAB Anda.
Hapus dan Tambah Rekening Bank
Keesokan harinya, jika Anda masih melihat ikon inggris di sebelah kanan rekening bank yang sama, maka penyebab masalah koneksi mungkin lebih serius.
Ini mungkin terjadi ketika kredensial akun atau situs web bank itu sendiri telah berubah secara signifikan. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus melacak bank sepenuhnya dan menambahkannya kembali ke akun YNAB Anda.
Untuk melakukan ini:
1. Pilih dropdown di sebelah kanan alamat email Anda di kiri atas jendela utama YNAB. Pilih Kelola Koneksi dari menu.
2. Ini akan membuka jendela Kelola Koneksi yang sama seperti sebelumnya. Pilih Hapus di sebelah kanan akun yang membuat Anda bermasalah.
3. Anda akan melihat notifikasi peringatan. Pilih Hapus untuk penghapusan proses penghapusan.
Catatan: Anda tidak perlu khawatir kehilangan transaksi yang ada dari akun ini. Semua transaksi yang tercatat akan tetap ada bahkan setelah Anda menghapus akun itu sendiri.
4. Kembali pada jendela Manage Connections, pilih Add New Connection.
5. Pilih Agree on the YNAB terms, lalu cari dan pilih bank yang ingin Anda sambungkan.
6. Sekarang, Anda akan melihat jendela di mana Anda dapat memasukkan kredensial login Anda. Jika Anda baru saja mengubah kredensial Anda, ini adalah kesempatan Anda untuk YNAB dengan detail login baru tersebut.
7. Setelah Anda memasukkannya, pilih Kirim.
Setelah YNAB berhasil terhubung, Anda akan melihat pesan konfirmasi lainnya. Sekarang Anda harus memilih ikon edit di sebelah kiri akun yang Anda coba perbaiki dan lakukan proses penautan ulang yang sama di bagian di atas.
Kali ini Anda akan melihat akun baru yang baru saja Anda tambahkan muncul di daftar. Cukup pilih bank ini dan pilih rekening tertentu yang ingin Anda tautkan ke YNAB.
Proses ini akan langsung menarik transaksi apa pun yang belum diimpor YNAB karena kehilangan koneksi ke rekening bank.
Sekarang Anda dapat terus menggunakan YNAB seperti saat terhubung ke bank Anda dengan benar.